0881-1155-062 info@ifimelamine.com

Inilah Masakan Takoyaki Kuliner Asal Jepang

by | Nov 16, 2022 | Blog | 0 comments

Takoyaki adalah makanan ringan Jepang yang terbuat dari adonan tepung terigu dan dimasak dalam wajan takoyaki khusus. Biasanya diisi dengan gurita cincang atau potong dadu (tako), potongan tempura (tenkasu), acar jahe, dan daun bawang.

Tako berarti gurita dan yaki berarti dipanggang, digoreng, atau dibakar. Takoyaki dikatakan pertama kali dipopulerkan di Osaka, di mana seorang pedagang kaki lima bernama Tomekichi Endo dikreditkan dengan penemuannya pada tahun 1935.

Hidangan ini pertama kali dijual di gerobak makanan Tomekichi Endo, yang menjualnya dengan nama “Aizuya” di dekat stasiun kereta api Umeda dari bulan Juni 1939 hingga 1945 selama Perang Dunia II.”

Tako berarti gurita dan yaki berarti dipanggang, digoreng, atau dibakar.

Masakan Takoyaki adalah camilan goreng yang terbuat dari potongan-potongan kecil gurita, adonan tempura, dan bahan-bahan lainnya. Ada dua varietas: kako takoyaki (berbentuk kubah) dan hoko takoyaki (pipih).

Hidangan ini berasal dari Osaka, Jepang pada pertengahan tahun 1930-an. Biasanya diisi dengan gurita cincang atau potong dadu (tako), potongan tempura (tenkasu), acar jahe, dan daun bawang.

Kata “tako” berarti gurita dalam bahasa Jepang, sedangkan yaki berarti dipanggang, digoreng, atau dibakar.

Adonan biasanya terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan air es kemudian dimasak dengan suhu tinggi dengan mengisinya ke dalam panci khusus takoyaki yang telah dipanaskan sebelumnya; ini akan mengisi panci dengan bola-bola bulat kecil dari adonan yang masing-masing berisi bahan di dalamnya seperti keju atau daging dll..

Sejarah Takoyaki

takoyaki enak jepang

Diperkirakan bahwa masakan Jepang dimulai sekitar 50.000 tahun yang lalu. Bukti paling awal untuk hal ini berasal dari penemuan mikrogastronomi di pulau Okinawa yang berasal dari 18.500 SM. Sisa-sisa tertua dari apa yang dapat diidentifikasi sebagai makanan ditemukan di Jepang, dalam bentuk butiran beras liar yang hangus di situs Mesolitikum di Yubara di Hokkaido.

Hidangan ini pertama kali dijual di gerobak makanan Tomekichi Endo, yang menjualnya dengan nama “Aizuya” di dekat stasiun kereta api Umeda dari bulan Juni 1939 hingga 1945 selama Perang Dunia II, setelah tidak dapat menemukan koki magang, karena banyak yang telah direkrut menjadi tentara dan hanya sedikit orang yang masih mampu memasak karena kekurangan makanan akibat program penjatahan pada masa perang, seperti Victory Rice (V-Rice) yang mengurangi tingkat konsumsi hingga 90%.

Ini berarti bahwa koki kuliner masakan jepang tidak mampu membeli banyak daging atau ikan, jadi mereka menggunakan sayuran sebagai gantinya yang menghasilkan jumlah yang lebih besar yang dikonsumsi secara keseluruhan; hal ini membantu mengurangi kandungan lemak sambil tetap memberikan nutrisi yang dibutuhkan setiap hari.”

Akashiyaki dibuat dari adonan kaya telur, mirip dengan okonomiyaki. Bahan-bahannya dicampur bersama dan dimasak di atas wajan datar. Adonan disebarkan menjadi bola-bola dan kemudian ditaburi akashiso (kerabat perilla). Asalnya adalah kota Akashi di Prefektur Hyōgo.

Pada tahun 1929, sebuah restoran yang berbasis di Osaka bernama “Yoshinoya” mulai menjual bola gurita versi mereka sendiri sebagai takoyaki:

  • bola yang terbuat dari tepung terigu, bukan tepung beras
  • diisi dengan potongan gurita daripada serpihannya
  • disajikan dengan saus takoyaki, bukan saus Worcestershire
  • dan dihiasi dengan daun bawang, bukan serpihan peterseli

Takoyaki dijual di festival-festival lokal di seluruh Jepang sampai Perang Dunia II mengganggu kegiatan festival di seluruh Jepang sampai setelah tahun 1952 ketika festival dilanjutkan di bawah pendudukan pascaperang oleh pasukan Sekutu yang dipimpin oleh Jenderal Mac Arthur yang memerintah sebagai komandan tertinggi untuk Sekutu.

Baca Juga : Jenis Makanan Hokben Paling Diminati

Sampai tahun 1951 ketika ia meninggalkan Jepang untuk tugas-tugas lain di tempat lain di Asia sebelum ditunjuk sebagai Duta Besar untuk Filipina di kemudian hari dalam perjalanan karirnya yang akhirnya menjadi salah satu tugas terakhir yang ia ambil sebelum pensiun dari dinas militer sama sekali setelah melayani 40 tahun selama masa hidupnya.

Kuliner japanese food takoyaki adalah camilan lezat yang dinikmati oleh jutaan orang setiap tahun. Takoyaki telah menjadi salah satu makanan paling populer di Jepang, dan mudah untuk mengetahui alasannya.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *